5 Tips agar Salat Subuh Tidak Kesiangan

logo enjoyquran

5 Tips agar Salat Subuh Tidak Kesiangan

5 Tips agar Salat Subuh Tidak Kesiangan

WAKTU salat subuh sangatlah pendek, jadi lebih baik Anda harus bangun sebelum adzan.

Salat yang satu ini juga terbilang paling sulit, karena banyak orang sering kesiangan untuk bangun. Oleh karena itu, simak ulasan berikut ini. 

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

"Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat)."(Qs. Al-Isra’: 78).

 Salat

Sebelum tidur, diusahakan membaca doa atau salawat pada Nabi. Sehingga Anda akan dihindarkan terlambat bangun salat subuh.

Nah, selain itu ada beberapa tips supaya Anda tidak kesiangan saat salat subuh. Yaitu di antaranya:

1. Niat atau tekatkan yang untuk bangun salat subuh. Anda bisa membaca atau mendengarkan keutamaan salat subuh berjaamah di masjid (bagi laki-lak).

2. Hindari begadang. Usahakan tidur sekitar jam 22. 00 tapi lebih baiknya lg sebelumya seperti jam 20-21 WIB.

 wudhu

3. Berwudhu sebelum tidur karena ada keitimewaan di dalamnya. Rasulullah SAW "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, dan malaikat akan bersama di dalam pakaiannya. Tidak akan bangun ketika berdoa, Ya Allah ampunilah tidur hambaMu si Fulan. Karena dia tidur dalam keaadaan bersuci" hadist riwayat Ibnu Hibban disahihkan Syuaib Al-Arnauth dan Al-Abani).

4. Jangan lupa pasang weker atau alarm jam, sesuai dengan waktunya salat subuh tiba.

5. Jangan lupa membaca dzikir sebelum tidur. Ucapkan kata-kata yang baik, supaya Anda dijaga malaikat saat tidur. Dari Jabir bin Abdillah dinyatakan "Apabila manusia terbaring di tempat tidurnya, maka malaikat dan setan akan menghampirinya. Malaikat akan membisikan " akhiri malammu dengan kebaikan" sedangkan setan mmbisikan "akhiri malammu dengan keburukan" Apabila dia dzikir di malam hari dengan menyebut nama Allah, maka malaikat akan menjaganya di malam itu" (HR Ibnu Hiban, Hakim dan disepaki Adz-Dzahabi).

Lalu, bagaimana jika salat subuh kesiangan karena tertidur?

Buya Yahya mengatakan, jika telat salat subuh karena alasan tertidur, masih dimaafkan. Setelah bangun langsung salat, tidak perlu menunggu waktu salat subuh keesokan harinya.

"Ya yang namanya orang ketiduran itu dimaafkan. Setelah bangun diqodho. Begitu bangun langsung salat. Gak usah nunggu subuh besok," kata Buya Yahya dalam kajian yang diunggah di akun Al-Bahjah Tv.