Rukhshah (Keringanan) Dalam Hal Sesuatu yang Berubah Oleh Api

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ أَكَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَتِفًا ثُمَّ مَسَحَ يَدَيْهِ بِمِسْحٍ كَانَ تَحْتَهُ ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ فَصَلَّى

400-493. Dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Saat Rasulullah makan bahu kambing, kemudian beliau mengusap kedua tangannya dengan kain tebal yang ada di bawahnya, kemudian beliau berdiri untuk melaksanakan shalat, lalu shalatlah beliau."Shahih: Shahih Abu Daud (181, 184). Muttafaq alaih.

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ أَكَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ خُبْزًا وَلَحْمًا وَلَمْ يَتَوَضَّئُوا

401-494. Dari Jabir bin Abdullah, dia berkata, "Nabi SAW, Abu Bakar dan Umar, mereka makan roti dan daging dan mereka tidak berwudhu." Shahih: Shahih Abu Daud (185).

حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ قَالَ حَضَرْتُ عَشَاءَ الْوَلِيدِ أَوْ عَبْدِ الْمَلِكِ فَلَمَّا حَضَرَتْ الصَّلَاةُ قُمْتُ لِأَتَوَضَّأَ فَقَالَ جَعْفَرُ بْنُ عَمْرِو بْنِ أُمَيَّةَ أَشْهَدُ عَلَى أَبِي أَنَّهُ شَهِدَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ أَكَلَ طَعَامًا مِمَّا غَيَّرَتْ النَّارُ ثُمَّ صَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ و قَالَ عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ وَأَنَا أَشْهَدُ عَلَى أَبِي بِمِثْلِ ذَلِكَ

402-495. Dari Az-Zuhri, dia berkata, "Aku pernah hadir pada jamuan makan malam Al Walid atau Abdul Malik. Ketika tiba waktu untuk shalat, aku langsung bergegas untuk berwudhu.

Lantas Ja'far bin Amr bin Umayah berkata, 'Aku bersaksi atas nama ayahku' bahwa sesungguhnya dia menyaksikan Rasulullah SAW makan dari sesuatu yang berubah (dimasak) dengan api, kemudian beliau langsung shalat tanpa mengulang wudhunya lagi.

Ali bin Abdullah bin Abbas berkata, 'Aku menyaksikannya dari ayahku juga seperti itu'."Shahih: Al Irwa (1926). Muttafaq alaih.

عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ أُتِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَتِفِ شَاةٍ فَأَكَلَ مِنْهُ وَصَلَّى وَلَمْ يَمَسَّ مَاءً

403-496. Dari Ummu Salamah, dia berkata, "Rasulullah SAW pernah diberi bahu kambing, kemudian beliau memakannya, lalu shalat dan tidak menyentuh air." Shahih: Al Misykah (325).

أَنْبَأَنَا سُوَيْدُ بْنُ النُّعْمَانِ الْأَنْصَارِيُّ أَنَّهُمْ خَرَجُوا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى خَيْبَرَ حَتَّى إِذَا كَانُوا بِالصَّهْبَاءِ صَلَّى الْعَصْرَ ثُمَّ دَعَا بِأَطْعِمَةٍ فَلَمْ يُؤْتَ إِلَّا بِسَوِيقٍ فَأَكَلُوا وَشَرِبُوا ثُمَّ دَعَا بِمَاءٍ فَمَضْمَضَ فَاهُ ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى بِنَا الْمَغْرِبَ

404-497. Dari Suwaidi bin Nu'man Al Anshari, bahwa mereka pergi bersama Rasulullah SAW ke Khaibar. Ketika mereka sampai di Ash-Shahba", beliau mengerjakan shalat Ashar.

Lalu beliau meminta makanan, maka tidak diberikan kecuali sawiq. Kemudian mereka makan, minum, lalu beliau meminta air untuk berkumur-kumur, kemudian berdiri dan shalat bersama kami (mengimami kami).Shahih: Bukhari.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكَلَ كَتِفَ شَاةٍ فَمَضْمَضَ وَغَسَلَ يَدَيْهِ وَصَلَّى

405-498. Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW makan bahu kambing, kemudian berkumur-kumur dan mencuci kedua tangannya lalu shalat. Shahih: Mukhtashar Asy-Syama'il (149).