Orang yang Meriwayatkan Hadits dan Dia Mendustakannya

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ حَبِيبِ بْنِ أَبِي ثَابِتٍ عَنْ مَيْمُونِ بْنِ أَبِي شَبِيبٍ عَنْ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ حَدَّثَ عَنِّي حَدِيثًا وَهُوَ يَرَى أَنَّهُ كَذِبٌ فَهُوَ أَحَدُ الْكَاذِبِينَ

Muhammad bin Basyar menceritakan kepada kami, Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, dari Habib bin Tsabit, dari Maimun bin Abu Syabib, dari Al Mughirah bin Syu'bah, dari Nabi SAW, beliau bersabda,

"Siapa saja yang menyampaikan sebuah hadits dariku, padahal ia melihat (mengetahui) hadits itu dusta, maka ia termasuk salah seorang dari dua pendusta itu. " Shahih: Mukaddimah Adh-Dha'ifah (1/12); Muslim.

Pada bab ini terdapat riwayat lain dari Ali bin Abu Thalib dan Samurah. Abu Isa berkata, "Hadits ini hasan shahih." Syu'bah meriwayatkan dari Al Hakam, dari Abdurrahman bin Abu Laila, dari Samurah, dari Rasulullah...

dengan hadits yang sama. Al A'masy dan Abu Laila meriwayatkan dari Al Hakam, dari Abdurrahman bin Abu Laila, dari Ali, dari Rasulullah. Hadits Abdurrahman bin Abu Laila. dari Samurah. menurut ahlul hadits lebih shahih.

Dia berkata. "Aku bertanya kepada Abu Muhammad bin Abdurrahman dari hadits Rasulullah." Beliau bersabda. Siapa saja yang menceritakan sebuah hadits dariku, sedangkan ia melihat (mengetahui) hadits itu dusta,

maka dia termasuk salah seorang dan dua pendusta itu. " Aku berkata kepadanya, "Siapa saja yang meriwayatkan hadits, sedangkan ia mengetahui bahwa pada sanad-nya. ada kesalahan, aku khawatir ia termasuk yang dijelaskan pada hadits Rasulullah itu."

Atau, jika manusia meriwayatkan sebuah hadits mursal, sedangkan sebagian dari mereka merubah sanad-nya, apakah ia juga termasuk orang yang disinggung dalam hadits tersebut?"

Ia menjawab, "Tidak, maksud dari hadits itu adalah bahwa jika ada seseorang yang meriwayatkan sebuah hadits, sedangkan hadits itu tidak diketahui sumbernya berasal dari Rasulullah atau tidak, maka aku khawatir orang itu termasuk dalam golongan orang yang disinggung pada hadits tersebut."