Larangan Bagi Orang yang Berpuasa Untuk Memasukan Air ke Hidung (Istinsyaq) Secara Berlebihan
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَبْدِ الْحَكَمِ الْبَغْدَادِيُّ الْوَرَّاقُ وَأَبُو عَمَّارٍ الْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ قَالَا حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سُلَيْمٍ حَدَّثَنِي إِسْمَعِيلُ بْنُ كَثِيرٍ قَال سَمِعْتُ عَاصِمَ بْنَ لَقِيطِ بْنِ صَبِرَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَخْبِرْنِي عَنْ الْوُضُوءِ قَالَ أَسْبِغْ الْوُضُوءَ وَخَلِّلْ بَيْنَ الْأَصَابِعِ وَبَالِغْ فِي الِاسْتِنْشَاقِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ صَائِمًا
Abdul Wahhab bin Abdul Hakam Al-Baghdadi Al Warraq dan Abu Ammar Al-Husain bin Huraits menceritakan kepada kami, mereka berkata, 'Yahya bin Sulaim berkata, lsmail bin Katsir berkata,
"Aku mendengar Ashim bin Laqith bin Shabirah dari ayahnya, ayahnya berkata, 'Aku bertanya, "Wahai Rasulullah SAW, beritahu aku tentang wudhu". Beliau bersabda,
"Sempurnakanlah wudhu; dan sela-sela jari-jari dan bersungguh-sungguhlah memasukkan air ke dalam hidung, kecuali kamu sedang berpuasa." Shahih: Ibnu Majah (407)
Abu Isa berkata, "Hadits ini adalah hadits hasan shahih." Para ulama melarang orang yang berpuasa untuk memasukan obat ke dalam hidung, karena dapat membatalkan puasa. Hadits itu mengandung pengertian yang menguatkan pendapat mereka.