Seluruh Arafah Adalah Tempat Wukuf

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ الزُّبَيْرِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ عَيَّاشِ بْنِ أَبِي رَبِيعَةَ عَنْ زَيْدِ بْنِ عَلِيٍّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي رَافِعٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ وَقَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِعَرَفَةَ فَقَالَ هَذِهِ عَرَفَةُ وَهَذَا هُوَ الْمَوْقِفُ وَعَرَفَةُ كُلُّهَا مَوْقِفٌ ثُمَّ أَفَاضَ حِينَ غَرَبَتْ الشَّمْسُ وَأَرْدَفَ أُسَامَةَ بْنَ زَيْدٍ وَجَعَلَ يُشِيرُ بِيَدِهِ عَلَى هِينَتِهِ وَالنَّاسُ يَضْرِبُونَ يَمِينًا وَشِمَالًا يَلْتَفِتُ إِلَيْهِمْ وَيَقُولُ يَا أَيُّهَا النَّاسُ عَلَيْكُمْ السَّكِينَةَ ثُمَّ أَتَى جَمْعًا فَصَلَّى بِهِمْ الصَّلَاتَيْنِ جَمِيعًا فَلَمَّا أَصْبَحَ أَتَى قُزَحَ فَوَقَفَ عَلَيْهِ وَقَالَ هَذَا قُزَحُ وَهُوَ الْمَوْقِفُ وَجَمْعٌ كُلُّهَا مَوْقِفٌ ثُمَّ أَفَاضَ حَتَّى انْتَهَى إِلَى وَادِي مُحَسِّرٍ فَقَرَعَ نَاقَتَهُ فَخَبَّتْ حَتَّى جَاوَزَ الْوَادِيَ فَوَقَفَ وَأَرْدَفَ الْفَضْلَ ثُمَّ أَتَى الْجَمْرَةَ فَرَمَاهَا ثُمَّ أَتَى الْمَنْحَرَ فَقَالَ هَذَا الْمَنْحَرُ وَمِنًى كُلُّهَا مَنْحَرٌ وَاسْتَفْتَتْهُ جَارِيَةٌ شَابَّةٌ مِنْ خَثْعَمٍ فَقَالَتْ إِنَّ أَبِي شَيْخٌ كَبِيرٌ قَدْ أَدْرَكَتْهُ فَرِيضَةُ اللَّهِ فِي الْحَجِّ أَفَيُجْزِئُ أَنْ أَحُجَّ عَنْهُ قَالَ حُجِّي عَنْ أَبِيكِ قَالَ وَلَوَى عُنُقَ الْفَضْلِ فَقَالَ الْعَبَّاسُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لِمَ لَوَيْتَ عُنُقَ ابْنِ عَمِّكَ قَالَ رَأَيْتُ شَابًّا وَشَابَّةً فَلَمْ آمَنْ الشَّيْطَانَ عَلَيْهِمَا ثُمَّ أَتَاهُ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أَفَضْتُ قَبْلَ أَنْ أَحْلِقَ قَالَ احْلِقْ أَوْ قَصِّرْ وَلَا حَرَجَ قَالَ وَجَاءَ آخَرُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي ذَبَحْتُ قَبْلَ أَنْ أَرْمِيَ قَالَ ارْمِ وَلَا حَرَجَ قَالَ ثُمَّ أَتَى الْبَيْتَ فَطَافَ بِهِ ثُمَّ أَتَى زَمْزَمَ فَقَالَ يَا بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ لَوْلَا أَنْ يَغْلِبَكُمْ النَّاسُ عَنْهُ لَنَزَعْتُ

Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, Abu Ahmad Az-Zubairi memberitahukan kepada kami, Sufyan memberitahukan kepada kami dari Abdurrahman bin Al Harits bin Ayyasy bin Abu Rabi'ah, dari Zaid bin Ali,

dari bapaknya, dari Ubaidillah bin Abu Rafi, dari Ali bin Abu Thalib, ia berkata, "Rasulullah SAW wukuf di Arafah, lalu beliau berkata, 'Ini adalah Arafah dan inilah tempat wukuf. Seluruh Arafah adalah tempat wukuf'.

Kemudian beliau berangkat ketika matahari terbenam dengan membonceng Usamah bin Zaid. Beliau menunjuk dengan tangannya dalam sikapnya yang biasa, sementara orang-orang bergerak ke kanan dan ke kiri.

Beliau menoleh kepada mereka dan bersabda, 'Wahai manusia, tenanglah'. Kemudian beliau tiba di Janta' lantas beliau SAWmengerjakan shalat dua rakaat bersama mereka. Pagi harinya beliau mendatangi Quzah. Ini adalah tempat wukuf, dan Jama' seluruhnya adalah tempat wukuf.

Kemudian beliau berangkat hingga sampai ke lembah Muhassir. Beliau memacu untanya, sehingga untanya melangkah terus hingga melewati lembah tadi. Beliau berhenti dan mengikuti Al Fadhl, kemudian mendatangi jumrah dan melempamya.

Beliau lantas datang ke tempat penyembelihan dan bersabda, 'Ini adalah tempat penyembelihan, dan seluruh Mina adalah tempat penyembelihan. Ada seorang remaja perempuan dari Khats'am mohon fatwa kepada beliau, ia berkata, 'Ayahku sudah sangat tua,

dan dia termasuk orang yang wajib haji. Apakah sah bila aku mengerjakan hqji untuknya?' Beliau bersabda, 'Kerjakanlah haji untuk ayahmu'. " Ali bin Abu Thalib berkata, "Beliau menundukkan leher Al Fadhl.

Abbas lantas berkata, 'Wahai Rasulullah, mengapa engkau menundukkan leher saudara sepupumu?' Beliau menjawab, 'Aku melihat remaja laki-laki dan perempuan. Aku khawatir keduanya tergoda oleh syetan'.

Kemudian ada seorang laki-laki datang kepada beliau dan berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku meninggalkan (Mina) sebelum mencukur rambut'. Beliau bersabda, 'Cukur (gundul) atau potonglah (pendekkanlah) rambut, dan itu tidak mengapa'." Ali bin Abu Thalib berkata,

"Ada orang lain yang datang dan berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku telah menyembelih binatang sebelum melempar (jumrah)'. Beliau bersabda, 'Lemparlah, dan itu tidak mengapa'."

Ali bin Abu Thalib berkata, "Beliau kemudian mendatangi Baitullah dan thawaf di sana, lalu mendatangi Zamzam dan bersabda, 'Wahai keturunan Abdul Muththalib! seandainya orang-orang tidak akan mengalahkan kamu atas Zamzam ini, maka aku akan menghentikan'. " Hasan: Hijabul Mar'ah dan Al Hajjul Kabir

Ia berkata, "Di dalam bab ini terdapat hadits dari Jabir." Abu Isa berkata, "Hadits Ali ini adalah hadits hasan shahih, yang tidak kami ketahui dari hadits Ali kecuali riwayat ini dari Abdurrahman bin Al Harits bin Ayyasy."

Tidak hanya seorang yang meriwayatkan hadits seperti ini dari At-Tsauri. Para ulama sepakat mengamalkan hadits ini. Mereka berpendapat bolehnya menjamak (mengumpulkan) shalat Zhuhur dan Ashar di Arafah (yang dikerjakan) pada waktu Zhuhur.

Sebagian berkata, "Apabila seseorang mengerjakan shalat didalam perjalanannya dan ia tidak melaksanakan shalat bersama imam, maka ia boleh menjamak dua shalat itu, sebagaimana yang diperbuat oleh imam." Zaid bin Ali adalah putra Husain bin Ali bin Abu Thalib."