Wasiat Rasulullah dalam Peperangan
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا بَعَثَ أَمِيرًا عَلَى جَيْشٍ أَوْصَاهُ فِي خَاصَّةِ نَفْسِهِ بِتَقْوَى اللَّهِ وَمَنْ مَعَهُ مِنْ الْمُسْلِمِينَ خَيْرًا وَقَالَ اغْزُوا بِسْمِ اللَّهِ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ قَاتِلُوا مَنْ كَفَرَ بِاللَّهِ وَلَا تَغُلُّوا وَلَا تَغْدِرُوا وَلَا تُمَثِّلُوا وَلَا تَقْتُلُوا وَلِيدًا فَإِذَا لَقِيتَ عَدُوَّكَ مِنْ الْمُشْرِكِينَ فَادْعُهُمْ إِلَى إِحْدَى ثَلَاثِ خِصَالٍ أَوْ خِلَالٍ أَيَّتُهَا أَجَابُوكَ فَاقْبَلْ مِنْهُمْ وَكُفَّ عَنْهُمْ وَادْعُهُمْ إِلَى الْإِسْلَامِ وَالتَّحَوُّلِ مِنْ دَارِهِمْ إِلَى دَارِ الْمُهَاجِرِينَ وَأَخْبِرْهُمْ أَنَّهُمْ إِنْ فَعَلُوا ذَلِكَ فَإِنَّ لَهُمْ مَا لِلْمُهَاجِرِينَ وَعَلَيْهِمْ مَا عَلَى الْمُهَاجِرِينَ وَإِنْ أَبَوْا أَنْ يَتَحَوَّلُوا فَأَخْبِرْهُمْ أَنَّهُمْ يَكُونُوا كَأَعْرَابِ الْمُسْلِمِينَ يَجْرِي عَلَيْهِمْ مَا يَجْرِي عَلَى الْأَعْرَابِ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْغَنِيمَةِ وَالْفَيْءِ شَيْءٌ إِلَّا أَنْ يُجَاهِدُوا فَإِنْ أَبَوْا فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ عَلَيْهِمْ وَقَاتِلْهُمْ وَإِذَا حَاصَرْتَ حِصْنًا فَأَرَادُوكَ أَنْ تَجْعَلَ لَهُمْ ذِمَّةَ اللَّهِ وَذِمَّةَ نَبِيِّهِ فَلَا تَجْعَلْ لَهُمْ ذِمَّةَ اللَّهِ وَلَا ذِمَّةَ نَبِيِّهِ وَاجْعَلْ لَهُمْ ذِمَّتَكَ وَذِمَمَ أَصْحَابِكَ لِأَنَّكُمْ إِنْ تَخْفِرُوا ذِمَّتَكُمْ وَذِمَمَ أَصْحَابِكُمْ خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَخْفِرُوا ذِمَّةَ اللَّهِ وَذِمَّةَ رَسُولِهِ وَإِذَا حَاصَرْتَ أَهْلَ حِصْنٍ فَأَرَادُوكَ أَنْ تُنْزِلَهُمْ عَلَى حُكْمِ اللَّهِ فَلَا تُنْزِلُوهُمْ وَلَكِنْ أَنْزِلْهُمْ عَلَى حُكْمِكَ فَإِنَّكَ لَا تَدْرِي أَتُصِيبُ حُكْمَ اللَّهِ فِيهِمْ أَمْ لَا أَوْ نَحْوَ هَذَا
Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami dari Sufyan, dari 'Alqamah bin Martsad, dari Sulaiman bin Buraidah, dari bapaknya, ia berkata,
"Apabila Rasulullah SAW mengirim pemimpin suatu pasukan, maka beliau berwasiat kepadanya secara khusus, agar bertakwa kepada Allah dan berbuat baik bersama kaum muslimin yang ikut bersamanya. Beliau bersabda,
'Berperanglah kalian dengan nama Allah dan di jalan Allah. Perangilah orang-orang yang kafir kepada Allah dan janganlah kalian curang, janganlah kalian berkhianat. janganlah kalian membunuh dengan cara mutilasi. serta janganlah (puiaj kalian membunuh anak-anak.
Apabila engkau menemui musuhmu yaitu kaum musyrikin, maka serulah mereka kepada tiga perkara —atau tiga hal—. Manapun dari ketiga perkara itu yang mereka sanggupi (kepadamu), terimalah (itu) dari mereka dan cegahlah diri kalian dari (membunuh) mereka.
Serulah mereka kepada Islam dan pindah dari lingkungan mereka ke lingkungan kaum muhajirin. Beritahukanlah kepada mereka bahwa jika mereka melakukan itu, maka sesungguhnya mereka akan mendapatkan hak seperti hak yang didapatkan oleh kaum Muhajirin.
juga kewajiban seperti kewajiban yang didapat oleh kaum Muhajirin. Jika mereka enggan untuk pindah, maka beritahukanlah kepada mereka bahwa mereka akan menjadi seperti bangsa Arab yang musliin.
Apa yang berlaku kepada bangsa Arab yang muslim itu berlaku juga kepada mereka. Mereka tidak berhak mendapatkan ghanimah dan fa'i sedikitpun, kecuali (jika) mereka ikut berperang.
Jika mereka enggan, maka mohonlah pertolongan kepada Allah dan perangilah mereka. Apabila engkau mengepung sebuah benteng, kemudian mereka menghendakimu untuk membuat jaminan Allah dan jaminan nabi-Nya bagi mereka,
makajanganlah engkau membuat jaminan Allah dan Nabi-Nya bagi mereka. Buatlah jaminanmu bagi mereka, dan jaminan sahabat-sahabatmu. Sebab jika kalian mengkianati jaminan kalian dan jaminan sahabat-sahabat kalian, itu lebih baik dari pada kalian mengkhianati jaminan Allah dan jaminan rasul-Nya.
Apabila engkau mengepung penduduk yang berada di dalam sebuah benteng, kemudian mereka menghendakimu untuk menghukumi mereka dengan hukum Allah, maka janganlah engkau menghukumi mereka (dengan hukum Allah).
Akan tetapi hukumilah mereka dengan hukummu: Sebab engkau tidak tahu apakah engkau lakukan itu sesuai hukum Allah yang berlaku bagi mereka atau tidak?' Atau yang serupa dengan itu ". Shahih: Ibnu Majah (2858) Muslim
Abu Isa berkata, "Dalam bab ini ada riwayat lain dari Nu'man bin Muqarrin". Hadits Buraidah adalah hasan shahih. Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, Abu Ahmad menceritakan kepada kami dari Sufyan, dari Alqamah bin Martsad,
hadits yang serupa dengan pengertian hadits di atas. Ia menambahkan redaksi, 'Jika mereka enggan, maka ambillah pajak dari mereka. Jika mereka enggan, maka mintalah pertolongan kepada Allah untuk mengalahkan mereka'. Shahih: Lihat sebelumnya
Abu Isa berkata, "Demikianlah yang diriwayatkan oleh Waki' dan lainnya dari Sufyan". Selain Muhammad bin Basysyar ada yang meriwayatkan dari Abdurrahman bin Mahdi. Ia menyebutkan dalam hadits tersebut perintah untuk mengambil pajak.
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُغِيرُ إِلَّا عِنْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ فَإِنْ سَمِعَ أَذَانًا أَمْسَكَ وَإِلَّا أَغَارَ فَاسْتَمَعَ ذَاتَ يَوْمٍ فَسَمِعَ رَجُلًا يَقُولُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ فَقَالَ عَلَى الْفِطْرَةِ فَقَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ فَقَالَ خَرَجْتَ مِنْ النَّارِ
Al Hasan bin Ali Al Khallal menceritakan kepada kami, Affan menceritakan kepada kami, Hamad bin Salamah menceritakan kepada kami, Tsabit menceritakan kepada kami, dari Anas, ia berkata,
"Nabi SAW tidak menyerang kecuali saat fajar. Jika beliau mendengar (suara) adzan, maka beliau menahan (serangan) atau jika tidak, maka beliau menyerang. Suatu hari beliau mendengar seseorang mengumandangankan 'Allaahu akbar,
Allaahu akbar (Allah Maha besar, Allah Maha besar)'. Beliau kemudian menjawab. 'Sesuai dengan fitrah'. Orang itu kemudian mengumandangkan Asyhadu an laa ilaaha illallah (Aku bersaksi bainva tidak ada sesembahan [yang hakj kecuali Allah)'.
Beliau kemudian menjawab, 'Engkau telah keluar dari neraka'. " Shahih: Shahih Abu Daud (2368) Muslim.
Al Hasan berkata. "Abul Walid menceritakan kepada kami: Hammad bin Salamah menceritakan hadits seperti di atas kepada kami dengan sanad ini". Abu Isa berkata, "Hadits ini adalah hasan shahih".